January 20, 2016

Matematika dan Sastra

Pelajaran yang paling saya sukai sejak SD adalah Matematika. Dan aljabar adalah bab yang paling saya gilai. Rasanya seru aja gitu kalo bisa mecahin sebuah persamaan.

Matematika itu unik. Orang yang pandai matematika sejatinya bukanlah yang jago itung-itungan, lebih dari itu, matematika adalah kemampuan kita menangkap/membuat pola dari sebuah kerumitan yang tampak random. Atau sebaliknya, mengurai sebuah pola sederhana menjadi sebuah deretan bilangan/variabel yang terstruktur.

Misal: x + y = z

Variabel "x" bisa dijabarkan lagi ke dalam variabel-variabel lain yang menyusun sebuah persamaan sehingga menjadi sama dengan "x".

*katakanlah x = (4a + 7d)^2 / 16p

Begitu juga berturut-turut cara penurunan/penguraian pada variabel "y" dan "z".


Sebenernya semua hal di dunia ini (kecuali gerakan angkot/metromini dan ibuk2 naik motor matic di jalanan hehe) bisa dipolakan dengan paradigma aljabar tersebut. Misalnya sastra. Bahkan seorang tokoh pernah menyebutkan bahwa sastra adalah matematika dalam berbahasa.

Dengan cara berpikir seperti ini pula saya coba mainkan guna menyusun tulisan-tulisan saya. Dari sebuah kalimat utama diuraikan lagi ke dalam beberapa anak kalimat penunjang dengan bantuan berbagai teorema. Bisa dengan permainan majas (hiperbola, personifikasi, metafora, dll), pengolahan narasi dalam struktur deduktif atau induktif, pemilihan diksi, hingga kombinasi repetisi dan analogi.

Metode yang digunakan bervariasi. Bisa melalui observasi, pengalaman pribadi, bahkan riset yang akhirnya memperkaya gaya dan cara penulisan.

Sehingga dalam sebuah persamaan besar dengan formula "Namamu dalam Doaku" ini jika diturunkan akan berisi sederet narasi dengan berbagai metode dalam lebih dari 200 halaman.

Maka benar kata seorang tokoh, bahwa ketika kita memutuskan untuk membeli dan menikmati sebuah karya seseorang, sesungguhnya kita sedang membeli pola pikir, ide, gagasan, pengalaman, hingga kegagalan-kegagalan dan peluh keringatnya dalam menghasilkan karya tersebut.

Terima kasih kepada Anda semua yang merelakan waktu dan energinya untuk mengapresiasi karya saya :)

No comments:

Post a Comment