January 07, 2011

Top 10 Indonesian Singers/Vocalists (Versi Suka-Suka)

Sebuah pameo kuno mengatakan bahwa musik membuat dunia semakin indah. Tentunya sebagian besar orang setuju dengan ungkapan ini, meskipun tidak semuanya adalah pecinta musik sejati. Namun benar adanya jika musik menjadi bumbu paling menyentuh semua lapisan masyarakat.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya film horor jika tanpa ada ilustrasi musik, tentu kurang mencekam. Sama halnya dengan drama romantis juga melankolis yang kurang menyentuh jika iringan musiknya tidak ada, pun demikian halnya dengan film action yang sama sekali tidak mengigit tanpa backsound. Ya....tanpa sadar setiap orang menikmatinya. Tak terkecuali saya.

Begitu lekatnya hingga harus saya akui bahwa saya ketagihan musik stadium tinggi. Jika kecanduan musik adalah sebuah tindakan pidana, mungkin vonis kepada saya melebihi hukuman terorisme, hehehe


Tanpa bermaksud sok pinter, saya mencoba berbagi apa-apa yang saya ketahui tentang dunia musik yg telah cukup dekat dg saya semenjak lepas dari bangku SMP. Dan pada kesempatan ini saya ingin berbagi peringkat penyanyi atau vokalis tanah air terbaik, menurut versi saya. Sekali lagi, karena ini bersifat subyektif, maka silakan ditanggapi dg pikiran terbuka dari pembaca sekalian. :)

Berikut ini adalah 10 besar peringkat penyanyi solo/vokalis band terbaik di Indonesia sampai saat ini.....


1. Tompi

Dokter yg bernyanyi. Terlahir dg nama Teuku Adifitrian. Pemuda berdarah Aceh ini benar-benar berkarakter. Kehadirannya di awal yg tidak mengikuti mainstream musik Indonesia menjadi nilai tambah tersendiri bagi penyanyi bersuara khas ini. Bali Lounge, Ecoutez, Groovology serta band-band lain pernah dia gawangi bersama musisi-musisi jazz lainnya.

Salah satu keunggulannya adalah tidak pernah menggunakan tone control melalui ear phones (dan mungkin juga Tompi adalah satu-satunya penyanyi profesional Indonesia yg melakukannya), namun pitch control nya luar biasa hebat dan belum pernah miss setengah nada pun (selama saya menikmati perform live-nya).

Gaya bernyanyi soul dan R&B-nya benar-benar membuat musiknya lebih hidup. Hampir bisa dipastikan dalam setiap konsernya tidak pernah ada kesamaan aransemen vocal darinya. Musikalitas juga totalitasnya luar biasa. Diiringi dg prestasi akademisnya yg membuat iri, semakin menjadikan Tompi memiliki nilai plus dibandingkan dg penyanyi lain. Dia layak menjadi yg terdepan.


2. Afgan
Parasnya menjadi daya tarik tersendiri, apalagi bagi fans yg kebanyakan kaum hawa. Namun secara jujur harus diakui bahwa musikalitas pria berkacamata ini sudah sangat matang jauh daripada umurnya. Sejak awal kemunculannya, timbre suaranya memiliki daya pikat yg cukup ampuh, terlebih dg alunan musik slow hingga medium beat yg biasa dia bawakan.

Namun jangan salah, pria bernama asli Afgansyah Reza ini juga lihai saat membawakan lagu-lagu up beat. Bahkan vocalist band kawakan sekelas Armand Maulana (Gigi) dan komposer handal, Erwin Gutawa, memuji kapabilitas seorang Afgan. "Ini anak, gue nggak pernah tahu muncul darimana. Namun gue salut, Afgan adalah penghancur lagu nomor wahid. Artinya, lagu apapun pasti dia telen bulet-bulet dan dia menguasainya", sahut Armand Maulana ketika dia berkomentar dalam sebuah ajang pencarian bakat.

Di usianya yg masih terbilang cukup muda, dia membuktikan talenta hebatnya dalam setiap pertunjukkannya. Hampir di setiap penampilannya ketika membawakan lagu di luar album solonya, dia mampu membawakan benar-benar dg caranya sendiri. Pendatang baru terbaik serta penyanyi solo pria terbaik dari Anugerah Musik Indonesia (AMI Award) menjadi salah satu buktinya.


3. Anggun Cipta Sasmi
Siapa warga Indonesia yg tidak bangga dg prestasinya? Barangkali dia adalh satu-satunya penyanyi Indonesia yg cukup eksis di luar negeri (tanpa mengecilkan potensi Sandy Sandoro maupun Dira Sugandi). Namun totalitas Anggun benar-benar menginspirasi.

Beberapa film produksi luar negeri (Perancis utamanya) pernah memasang lagunya sebagai soundtrack. Karakter suaranya yg kuat benar-benar melekat di telinga penikmat musik. Ditambah range vokal yg lebar juga power yg di atas rata-rata semakin melambungkan kualitasnya. Tidak berlebihan jika dialah penyanyi solo wanita terbaik di tanah air.


4. Gita Gutawa
Muda, bertalenta, warna dan cara bernyanyinya sangat berbeda dan tiada duanya di masa sekarang. Mungkin sebagian besar masyarakat menilai ini "wajar" mengingat orang tua Aluna Sagita Gutawa adalah memang seorang musisi besar papan atas, Erwin Gutawa. Namun Gita benar-benar menawarkan sesuatu yg tidak biasa dalam dunia musik kita.

Kemunculannya yg menggebrak ketika berduet dg Ada Band membuka jalannya mendapatkan hati penggemar musik. Album pertamanya semakin mengukuhkan kepercayaan masyarakat. Bahkan dia juga sudah mulai menulis lagu sendiri, sebagai jawaban atas keraguan masyarakat.

Prestasi akademisnya juga sangat menonjol. Ini yg jarang dimiliki penyanyi bahkan selebritis muda seusianya. Paras cantiknya yg memikat menambah daya tarik tersendiri dalam setiap perform menakjubkannya.


5. Ariel (ex Peterpan)
Siapapun pasti tidak menyangkal kharismanya ketika berada di atas panggung. Timbre suara berat serta cara bernyanyinya menginflunce beberapa vokalis band baru. Bahkan warna lagu ciptaannya sudah menjadi identitas tersendiri bagi bandnya.

Musikalitasnya mengantarkan pemilik nama, Nazril Irham, ini menjadi salah satu hits-maker tanah air karena karya-karyanya yg selalu masuk top hits tanah air, bahkan sampai negeri jiran. Maka tidak berlebihan jika ada anggapan bahwa Peterpan (nama penggantinya masih belum ada, sampai tulisan ini dibuat) masih belum habis meskipun ditinggal dua personelnya mengingat mereka masih punya motor sekelas Ariel.

Kasus yg menjeratnya memang sangat menggemparkan Indonesia dan industri musik, namun tidak menyurutkan kecintaan para fans-nya. Bisa jadi ini indikasi bahwa kharisma Ariel sebagai vokalis masih sangat besar.


6. Agnes Monica
Powerful. Barangkali adalah gambaran singkat atas performa penyanyi solo wanita ini. Semangat go internasional-nya cukup menginspirasi beberapa musisi muda lainnya.

Kini Agnes berusaha mengembangkan talenta bernyanyinya dg diimbangin kemampuan kereografinya yg cukup menakjubkan. Lagu mellow maupun up beat mampu diintepretasikannya dg sama baiknya.

Satu lagi nilai plus-nya, konon Agnes tidak pernah mau mengikuti trend gaya penampilan orang lain, namun dia selalu ingin menjadi tendsetter dg inovasi-inovasinya (dg bantuan stylish spesialnya tentunya).


7. Armand Maulana (GIGI)
Nggak ada matinya! Mungkin itu kata yg paling mewakili aksi panggung Kang Armand. Lonjak-lonjak selalu namun pitch tidak pernah goyang.

Eksistensi GIGI hingga detik ini merupakan salah satu wujud dedikasi terbesarnya dalam dunia musik. Bahkan Gigikita tidak pernah rela ketika sang vokalis diisukan mengikuti audisi vokalis band luar negeri (NXist band, mohon dikoreksi jika salah).

Gaya bernyanyi dan performa di panggungnya menginspirasi banyak penyanyi dan vokalis band, Ian Kasela (Radja), Zaky (ex Kapten), hingga Adit AFI mengakuinya. Tak heran jika dia menjadi salah satu vokalis band Indonesia yg paling berpengaruh.


8. Samuel Hendra Simorangkir (Sammy-ex Kerispatih)
Kepergiannya dari Kerispatih saat puncak karirnya cukup membuat manajemen dan fans Kerispatih kalang kabut karena warna vokalnya telah terlanjur melekat di telinga Indonesia. Karena kekuatan band ini selain pada lirik lagu dan musikalitas, juga ditopang oleh karakter serta teknik vokal Sammy.

Liukan khas R&B menjadi salah satu ciri khas Sammy dalam pembawaannya. Cara bernyanyi jebolan Institut Musisi Indonesia dan 20 besar Indonesian Idol pertama inilah yg benar-benar meng-influence banyak penyanyi (khususnya penyanyi baru).

Sayang, kasus yg menjeratnya terlanjur membawa image-nya kian memburuk setelah kasus percintaannya ramai diberitakan di infotainment. Namun beberapa pengamat musik masih percaya bahwa selepasnya keluar dari jerat hukum nanti, Sammy masih berpotensi mewarnai industri musik Indonesia.


9. Glenn Fredly
Ahlinya bikin lagu-lagu romantis. Karakter suara tipis namun powerful-nya semakin menegaskan dominasi Indonesia Timur sebagai "penyumbang" penyanyi bertalenta dalam industri musik Indonesia.

Kehidupan pribadinya mungkin memang sedikit menjadi "ganjalan" atas karir cemerlangnya. Namun perform-nya tidak bisa dipungkiri bahwa selalu menawarkan penghayatan dan interpretasi lagu kelas tinggi. Ini bisa dibuktikan dalam album solo keduanya yg bertajuk Januari. Konon album ini merupakan persembahan dan curahan hatinya atas kisah cintanya dg seorang gadis. (*correct me if I'm wrong)

Teknik falsetto atau head voice (sebagian orang menyebutnya "suara palsu") penyanyi yg satu ini mengundang decak kagum.


10. Tantri Syalindri (Kotak)
Selepas Nicky Astria dan Atiek CB tidak lagi malang melintang di dunia musik Indonesia, stok "lady rocker" Indonesia terjawab dg kehadiran Tantri Kotak.

Berbanding terbalik dg tubuhnya yg relatif mungil, ternyata powernya cukup menghentak. Tak heran jika ini membuat dia menjadi salah satu penyanyi wanita yg cukup disegani karena karakternya, di tengah munculnya penyanyi-penyanyi serta musisi-musisi pendatang baru yg cenderung mengikuti selera pasar.

***


Itu tadi adalah deretan solois/vokalis terbaik menurut saya di Indonesia saat ini. Siapapun penyanyi pasti ingin berduet dg salah satu dari mereka, begitu pula dg saya...hehe
Mereka tidak hanya kuat di kaset (hanya bagus di rekaman) namun juga berkarakter di atas panggung.

Layaknya klasemen liga sepakbola, saya juga ingin memberikan peringkat beberapa penyanyi/vokalis yg berpotensi menggusur ranking 10 besar di atas, diantaranya......


1. Iwan Fals
Saya yakin banyak yg tidak setuju jika bang Iwan tidak dimasukkan ke dalam top 10. Siapapun pasti tidak menyangkal bahwa dia adalah legenda hidup tanah air. Karya-karyanya masih terus menginspirasi dan mengena di telinga masyarakat Indonesia.


2. Alm. Chrisye
Almarhum Chrisye memang sangat melegenda. Dg menutup mata pun kita mampu mengenali suara khasnya yg tipis dg range vokal yg lebar serta berkarakter. Eksistensi juga dedikasinya benar-benar menjadi sumber inspirasi bagi generasi di bawahnya.


3. Kaka Slank
Masalah massa, dia salah satu jagonya. Siapa anak muda Indonesia yg tidak mengetahui lagu-lagunya? Kesan slenge'an sudah terlanjur melekat di dirinya. Powernya sedikit mulai menurun seiring usianya. Namun kharisma dan karyanya masih menginspirasi anak muda jaman sekarang.


4. Erdian Aji (Anji ex-Drive)
Perform live-nya nyaris tidak pernah cacat baik dari segi produksi suara maupun aksi panggung. Benar-benar bertanggungjawab atas karyanya. Juga lihai merangkai lirik lagu. Baca saja kalimat-kalimatnya di akun twitternya @Anji_ yg sangat kreatif dan membius.


5. Ari Lasso
Semenjak kemunculan duetnya bersama Melly Goeslaw, nama Ari Lasso kembali berkibar seiring album demi album solonya yg keluar. Membawakan lagu ciptaan sendiri dan juga rekan-rekan dekatnya, Ari Lasso bak terlahir kembali dg spirit yg baru. Range vokal yg cukup lebar dg power yg kuat menjadi salah satu daya tarik tersendiri baginya.


6. Marcello Tahitoe (Ello)
Enerjik, lugas, terkesan slenge'an dan tengil. Namun siapa sangka jika musikalitasnya cukup bagus. Kemunculannya menarik perhatian pengamat musik. Postur dan penampilan fisiknya memberi daya tarik lain.


7. Charly ST 12
Pop yg mendayu menjadi kekuatan tersendiri baginya. Kehadiran dan karya-karyanya mulai diterima berbagai lapisan kalangan. Karakternya juga cukup kuat.


8. Vidi Aldiano
Timbre suaranya yg tipis nan khas menyajikan warna lain di dunia musik tanah air. Easy listening, namun karakternya masih belum sekuat mereka yg ada di atas.


Terlepas dari segala kontroversi yg melekat di kehidupan beberapa dari mereka, kita tentu sangat setuju jika performa mereka di panggung selalu menakjubkan. Software dan peralatan rekaman sekarang sudah semakin canggih. Bahkan untuk sekedar "menggambar" nada yg fals ataupun power yg kacau menjadi suara yg indah pun sudah tidak sulit lagi. Namun tantangan yg sesungguhnya bagi para musisi, khususnya penyanyi, adalah bagaimana mereka mampu mempertanggungjawabkan karyanya saat penampilan live-nya. Dan semua penyanyi di atas (saya nilai) telah berhasil melakukannya sampai sekarang.


Lalu......bagaimanakah peringkat penyanyi/vokalis terbaik menurut versi Anda................? :)

7 comments:

  1. Bagus pak , ^^

    ReplyDelete
  2. Oom Aris Pradana, saya akur dengan daftar peringkat di atas, juga penyampaiannya yang obyektif... Saya hanya mau menambahkan sedikit:
    Untuk Kaka Slank, menurut pandangan saya bukan 'menurun sesuai usia' karena kita bicara tentang kemampuan vocal, bukan olahraga yg terbatas usia. Seperti jika kita melihat begitu banyak vocalist berusia di atas 50th yg tetap exist dengan power & olah suara yang prima. Untuk Kaka Slank ini saya pribadi melihatnya sebagai suatu transisi warna suara dari remaja ke tingkat dewasa yang tentunya lebih 'berat', 'pecah' dan berbobot. Bagi saya contoh terdekat dari jenis suara vocal Kaka ini seperti Azizi, Sandy Sundoro, juga Iwan Fals. Saya pribadi libih menyukai warna suara mereka ini yang sekarang jika dibandingkan dengan suara mereka di saat masih remaja ataupun di bawah 30th karena sekarang ini "lebih laki", terutama di saat mereka berteriak maksimal, pecah, namun tidak fals karena power mereka mumpuni. Saya suka merinding kalau mendengar Iwan Fals, Kaka, Sandy Sundoro maupun Azizi berteriak lantang, begitu kental dengan jenis suara R&B yang tentunya lebih bernuansa musik dasar BLUES.
    Sekian ulasan tambahan dari saya, mudah-mudahan tidak terlalu jauh dari penilaian umum.
    Saya dukung terus situs oom Aris, keep on writing with your best ability on music world, yaa...

    Wass,
    Omick.

    ReplyDelete
  3. salam kenal bung Omick!
    sebelumnya terima kasih atas kesdiaan mampir ke blog saya dan "urun" komen.. :)

    sepakat..
    iya benar bung, yang saya maksud dg "menurun sesuai usia" itu terkait power dan range-nya yg (saya rasa) tidak lagi sehebat dulu..
    kesimpulan ini saya ambil karena lagu "Gadis Sexy (suit..suit..hey..hey..)" benar-benar menampilkan Kaka dalam timbre rock "jadul" yang powerful..
    tetapi, senada dg yang anda sampaikan, karakter Kaka justru lebih matang di usianya yg sekarang, matang dari segi teknis dan "ke-laki-an" suaranya maupun dari segi performanya..

    *nb.:
    nama yg (ternyata saya baru sadar) tertinggal dari list di atas adalah Sandy Sundoro, dia juga kuat secara karakter!

    keep on grovin' !
    :)

    ReplyDelete
  4. hehehe,bagus...artikelnya mas....
    suara mas bagus banget pas di TEDxITS kmaren.....pertama denger, pas nyanyi lagu yang sesi pertama kalo gasalah......aduh langsung gmana gtu rasanya pas denger suaranya....hehehe. aku ga begitu suka lagu indonesia, tapi pas kmaren di acara itu lagu2 yang di nyanyikan ITS JAZZ bagus smw ya,,,, sesuatu bgt.......super dah mas pokonya.....blog mas juga bagus. menginspirasi..... dan inspirasi yang baik itu patut ditiru...hehe

    ganbatte kudasai!
    thx


    wasalam...
    eko.p

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh..terima kasih...
      saya masih belajar juga kok...
      salam kenal ya... :)

      Delete
    2. :) sama2 mas.....hehehe...
      y mas salam kenal jg.... sya TL angkatan 2011, wah masnya angkatan 2008 elektro mau lulus ne.....

      Delete
  5. Hah agnes??najis.ngotot tereak tereak kaya orang mo berak.

    ReplyDelete